Pengaruh Digitalisasi Perbankan Melalui Self Service Technology Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan Digital Bank Syariah
Abstract
Perbankan sudah mulai bervolusi dengan mengembangkan layanan perbankan melalui self service technology terhadap kepuasan nasabah salah satunya yaitu mahasiswa. Self service technology berpua Automatted Teller Machine/ ATM, Mobile Banking dan Internet Banking yang dilayankan melalui elektronik dan memanfaatkan internet. Dengan demikian, dari pihak perbankan maupun nasabah sangat diuntungkan karena tidak menyia-nyiakan waktu dan tenaga hanya untuk mengantri ke teller ataupun customer service. Oleh sebab itu, dengan menggunakan layanan self service technology mahasiswa bisa menggunakan kapanpun dan dimanapun. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji seberapa besar pengaruh layanan Automatic Teller Machine (ATM), Mobile Banking , dan Internet Banking terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian Secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa self service technology (ATM, Mobile Banking dan Internet Banking) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah. Dan secara parsial (uji t) menunjukkan a) Variabel ATM secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan bank syariah. b) Variabel Mobile Banking secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan bank syariah. c) Variabel Internet Banking secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan bank syariah
Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan Bank Syariah, Automatted Teller Machine/ ATM, Mobile Banking, Internet Banking