Analisis Pemasaran Sapi Madura di Pasarbengkal Kabupaten Sumenep
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 September sampai 26 September 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan Finansial Usaha Peternakan Sapi Potong diKabupaten sumenep. Materi yang dipakai dalam penelitian ini peternak kuesioner responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan mengumpulkan data angket(kuesioner) dan wawancara dengan pengambilan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata biaya tetap sebesar Rp. 2.418.000, rata-rata biaya variable sebesar Rp.159.725.900, rata-rata biaya total sebsar Rp.161.761.900, rata-rata analisis penerimaan sebesar Rp.266.630.000, rata rata pendapatan sebesar Rp. 104.888.100, nilai R/C Ratio sebesar 1,64, sedang nilai BEP produksi sebesar 6 ekor dan BEP harga sebesar Rp. 17.971.322 yang artinya bahwa usaha tersebut layak diusahakan dengan minimal beternak sebanyak 6 ekor dengan harga jual Rp.17.971.322 /ekor.
Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Sapi Madura, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.