Pengaruh Pelayanan, Lokasi dan Profit Sharing/Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Empiris pada Masyarakat Non Muslim di Kupang Nusa Tenggara Timur)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan, lokasi dan profit sharing/bagi hasil terhadap minat masyarakat non muslim yang ada di kupang Nusa Tenggara Timur menjadi nasabah di bank syariah. Pengumpulan data ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada masyarakat non muslim yang mempunyai rekening bank syariah atau pernah menggunakan produk bank syariah sebanyak 100 responden.Berdasarkan hasil uji t:variabel pelayanan (X1) diperoleh t hitung sebesar 3.408 dan signifikan 0.001 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah. Variabel lokasi (X2) diperoleh t hitung sebesar 1.478 dan signifikan 0.143> 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel lokasi (X2) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah. Variabel profit sharing/bagi hasil (X3) diperoleh t hitung sebesar -0.102 dan signifikan 0.919 > 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel profit sharing/bagi hasil (X3) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah.
Kata Kunci: Bank Syariah, Minat Menjadi Nasabah, Non Muslim, Pelayanan, Lokasi dan Profit Sharing/Bagi Hasil.