Analisis Etika Bisnis Islam pada UMKM Kerupuk Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus pada UD. Harapan Jaya Sidoarjo)
Abstract
Perkembangan UMKM di Indonesia sangat berat dan banyak ditemukannya persaingan pasar yang tidak sehat. Tekanan yang didapat oleh para pelaku UMKM membuat produktivitasnya lebih rendah dari perusahaan besar, sehingga pendapatan yang didapatkan oleh pelaku UMKM lebih rendah. Etika bisnis Islam memberikan dampak yang positif bagi para pelaku UMKM, adapun prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kejujuran. Dengan begitu perlu diterapkannya proses produksi maupun distribusi yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para pelaku UMKM sudah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti ingin menggambarkan dan menuliskan fakta-fakta/keadaan yang dilihat dari proses produksi dan distribusi yang dilakukan oleh pelaku UMKM UD. Harapan Jaya di Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian yang dilakukan berdasarkan analisis etika bisnis Islam yang diterapkan pelaku UMKM menunjukkan belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yang semestinya. Dalam penelitian yang dilakukan peneliti menemukan adanya proses produksi dan distribusi yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam, maka dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam yang diterapkan tidak sesuai.
Kata Kunci : UMKM, Etika Bisnis Islam, Produksi, Distribusi.