Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat dan Keputusan Pengguna Tabungan Lembaga Keuangan Syariah ( Studi pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah UNISMA Pengguna BSI )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat dan keputusan pengguna simpanan lembaga keuangan syariah, metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi yang digunakan adalah mahasiswa program studi perbankan syariah di Universitas Islam Malang pengguna tabungan syariah. Bank Syariah Indonesia (BSI), dan sampel yang digunakan adalah 110 responden dengan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software PLS. Hasil penelitian menyatakan Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna tabungan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nilai signifikan 0,030 < 0,05, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna tabungan BSI dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna tabungan BSI dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, Promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pengguna tabungan BSI dengan nilai signifikan 0,412 < 0,05, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Promosi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan Minat Menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Bunga Menabung, Keputusan Menabung.