Pengaruh E-Commerce dan Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi ( Studi pada Konsumen Produk Kopi PT Taman Delta Indonesia di Kawasan Industri Terboyo Kota Semarang)
Abstract
PT Taman Delta Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis kopi yang komprehensif termasuk pengolahan kopi dari perkebunan swasta, pemasaran biji kopi, dan ekspor kopi. PT Taman Delta Indonesia ini berlokasi di kawasan industry Terboyo Semarang dan merupakan salah satu pengekspor kopi hijau dan pembuat kopi terkemuka di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk dan mengisi rating grade pada media aplikasi Tokopedia, lazada dan shopee kopi PT Taman Delta Indonesia pada bulan Oktober sampai bulan November. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara penyebaran kuisioner. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan rumus Malhotra yang berjumlah 125 responden pada konsumen kopi TdI. Variabel dalam penelitian ini adalah E-Commerce (X1) Word Of Mouth (X2), dan Keputusan Pembelian (Y). Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. E-Commerce dan Word Of Mouth Marketing Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian 2.E-Commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3.Word Of Mouth Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : E-Commerce, Word Of Mouth Marketing dan Keputusan Pembelian.