Pengaruh Efisiensi dan Kualitas Layanan E-Maal Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Sidogiri-Corp)
Abstract
Berkembangnya internet membuat banyak inovasi baru yang timbul dalam segala bidang. Salah satunya di bidang ekonomi yang berupa pembelian atau belanja barang maupun jasa secara online. Perkembangan e-commerce dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan cukup pesat. Sampai saat ini tercatat lebih dari 1500 startup di Indonesia. Ditambah dengan faktor pandemi yang banyak merubah aspek kebiasaan masyarakat salah satunya mengenal transaksi jual beli online. Transaksi online menjadi salah satu kebiasaan baru atau tren di masyarakat dan akan berlanjut menjadi kebiasaan pada umumnya. Dengan demikian, dari pihak start up atau perusahaan harus mengepakan sayap usahanya di bisnis e-commerce. Pada penelitian ini, memilih Sidogiri-Corp sebagai studi kasus karena memiliki konsep bisnis syariah digital yang memiliki potensi yang besar mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Hasil penelitian Secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa efisiensi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan secara parsial (uji t) menunjukkan a) Variabel efisiensi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. b) Variabel kualitas layanan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Efisiensi, E-commerce, Bisnis Syariah