Pengaruh Kepercayaan dan Pengetahuan Muzakki Terhadap Minat Membayar Zakat (Studi Kasus Baznas Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk memastikan pengaruh pengetahuan dan kepercayaan muzakki terhadap minat membayar zakat. Penduduk Kota Malang yang membayar zakat ke BAZNAS Kota Malang merupakan populasi penelitian. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Dalam penelitian ini, 68 responden dijadikan sampel. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis regresi linier berganda adalah metodologi yang digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian dari uji f menunjukkan bahwa variabel dependen atau minat membayar zakat secara simultan dipengaruhi oleh variabel independen pengetahuan dan kepercayaan. Variabel pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat dengan nilai signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05, dan variabel kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sesuai dengan hasil uji t.
Kata kunci:Zakat, Kepercayaan, Pengetahuan, Minat Membayar