Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital (Studi pada Pengguna OVO PT. Visionet Internasional di Kota Malang)
Abstract
Mohammad Adit Musthofa, 2020, Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital (Studi Pada Pengguna OVO PT. Visionet Internasional di Kota Malang). Dosen pembimbing I: Dr. Rini Rahayu Kurniati, M. Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dalam menggunakan sistem pembayaran uang digital OVO. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor budaya berpengaruh secara signifikan terhadap sistem pembayaran uang digital secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.029 < 0.05, dan juga thitung > ttabel (2.213 > 1.661). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel faktor budaya diketahui nilai rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggi yaitu indikator kelas sosial (3.90). Variabel faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sistem pembayaran uang digital secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.703 > 0.05, dan juga thitung < ttabel (382 < 1.661). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel faktor sosial diketahui nilai rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggi yaitu indikator kelompok primer (3.76). Variabel faktor pribadi berpengaruh tidak signifikan terhadap sistem pembayaran uang digital secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.072 > 0.05, dan juga thitung > ttabel (1.816 >1.661). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel faktor pribadi diketahui nilai rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggi yaitu indikator kepribadian (3.64). Variabel faktor psikologi berpengaruh secara signifikan terhadap sistem pembayaran uang digital secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi 0.000 < 0.05, dan juga thitung > ttabel (5.397 > 1.661). Berdasarkan distribusi jawaban responden terkait variabel faktor psikologi diketahui nilai rata-rata item pernyataan yang memiliki nilai tertinggi yaitu indikator keyakinan (4.21). Variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh secara signifikan terhadap sistem pembayaran uang digital. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikasi Fhitung > Ftabel (33.671 >2.46) dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05.
Kata kunci: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi dan Sistem Pembayaran Uang Digital.