Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Brimo di Bank BRI Cabang Martadinata Malang Tahun 2016- 2022
Abstract
Perilaku dilakukan atas dasar keinginan seseorang yang menjadikan diri seseorang minat melakukan nya. Saat proses transaksi dalam rangka mengukur tingkat minat seseorang untuk melakukan perilaku tertentu dalam hal ini transaksi ialah bagian dari minat bertransaksi yang akan dilakukan. Pada penelitian ini minat penggunaan dipengaruhi oelh beberapa faktor, yakni keefektivan dan resiko serta persepsi kemudahan bagi pengguna. Sehingga studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengguna dalam persepsi kemudahan (perceived ease of use), serta risiko dan keefektivan minat dalam penggunaan financial technology (fintech) yang diukur secara parsial dan simultan. Explanatory research atau research penjelasan ialah jenis penelitian dalam studi ini, dilakukan pada bulan januari 2021- 2022 dengan jumlah sample 110 Nasabah Bank BRI. Analisis regresi linier berganda ialah analisis data yang digunakan dalam studi ini. Hasil penelitian dalam studi ini ialah : 1) Adanya pengaruh yang simultan terhadap persepsi kemudahan penggunaan pada minat, 2) Adanya Pengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan persepsi kemudahan penggunaan, 3) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas dan minat, 4) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap risiko pada minat.
Kata Kunci : Efektivitas, Risiko, Minat, Persepsi Kemudahan, Fintech