Pengaruh Promosi dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Shopee di Kota Malang
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengetahui pengaruh promosi dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada konsumen Shopee di Kota Malang. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang didapat dari jawaban atas pertanyaan saat penyebaran kuesioner pada konsumen Shopee di Kota Malang. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden yang diperoleh dari rumus Hair et. al. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan : (1) promosi dan shoping lifestyle secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Shopee di Kota Malang, (2) promosi penjualan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Shopee di Kota Malang, (3) shopping lifestyle secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Shopee di Kota Malang.
Kata Kunci : Promosi, Shopping Lifestyle, Impulse Buying.