Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, dan Tarif Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia (Studi Kasus pada Pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Gempol)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara simultan serta
secara parsial antara kualitas pelayanan, ketepatan waktu dan tarif pengiriman
terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Pos Indonesia, yang
berjumlah 12.000 sedangkan sampel penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling adalah pelanggan yang berdasarkan kriteria responden PT.
Pos Indonesia sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan kuesioner dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis kuantitatif, dengan jenis penelitian explanatory research.
Dengan menggunakan uji secara simultan (Uji F), secara parsial (Uji T) yang
dibantu oleh software SPSS 16 For Windows.
Secara keseluruhan hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis
dapat disimpulkan bahwa secara simultan (Uji F) kualitas pelayanan, ketepatan
waktu dan tarif pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan PT.Pos Indonesia, secara parsial (Uji T) kualitas pelayanan,
ketepatan waktu dan tarif pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan PT.Pos Indonesia.