Pengaruh Kemudahan, Kualitas Layanan dan Islamic Marketing Mix Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kualitas layanan, dan Islamic marketing mix terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia yang menabung di cabang Bank Syariah Indonesia Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia yang menabung di cabang Bank Syariah Indonesia Kota Malang sebanyak 110 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kualitas layanan, dan Islamic marketing mix secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia. Kemudahan, kualitas layanan, dan Islamic marketing mix secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemudahan, kualitas layanan, dan Islamic marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Malang. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia Kota Malang perlu meningkatkan kemudahan, meningkatkan kualitas layanan, dan meningkatkan Islamic marketing mix agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia. Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga perlu mempertahankan kemudahan, kualitas layanan, dan Islamic marketing mix yang sudah ada agar dapat mempertahankan kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia.
kata kunci: kualitas layanan, islamic marketing mix, dan kepuasan nasabah