Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Metode Pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Malang Angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Online Customer Review, Online Customer Rating dan Metode Pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap keputusan pembelian konsumen di Tiktok Shop dengan studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang yang pernah melakukan pembelian pada Tiktok Shop. Sampel yang disebarkan sebanyak 105 dengan menggunakan rumus Malhotra. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Explanatory Research. Data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan teknis kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis.
Dari hasil penelitian secara simultan didapatkan hasil bahwa Online Customer Review, Online Customer Rating dan Metode Pembayaran Cash on Delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil secara parsial yaitu variabel Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, Online Customer Rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan Metode Pembayaran Cash on Delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Metode Pembayaran Cash on Delivery, Keputusan Pembelian