Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen dalam Menentukan Keputusan Berbelanja pada Pasar Tradisional di Kota Malang (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Pasar Tradisional pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Metode kuantitatif digunakan dalam studi semacam ini. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 96 responden. Penelitian ini menggunakan SPSS 25 untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis koefisien determinasi (Adjusted R2) pada data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, persepsi dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan. Secara parsial variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di pasar tradisional pada mahasiswa Manajemen Universitas Islam Malang.
Kata kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen dan Keputusan Pembelian.