Salsabila Alfi Ayu Shahara Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada CC-Mart Sotabar-Pasean)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui analisis SWOT dan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen pada CC-Mart Sotabar-Pasean, 2) Untuk mengetahui analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran pada CC-Mart Sotabar-Pasean. 3) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang diterapkan pada CC-Mart Sotabar-Pasean. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan HRD, karyawan, dan konsumen CC-Mart Sotabar-Pasean. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yaitu posisi kekuatan (strength) lebih besar dengan keseluruhan total skor yang diperoleh sebesar 3,65 dibandingkan dengan posisi kelemahan (weakness) sebesar 1,31. Sedangkan pada faktor eksternal perusahaan posisi peluang (opportunities) lebih besar dengan skor nilai sebesar 1,92 dibandingkan dengan posisi ancaman (threat) sebesar 1,67. Hasil perhitungan dari analisis tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pada CC-Mart Sotabar-Pasean menggunakan strategi pertumbuhan agresif (Growt Oriented Strategy), dikarenakan berada di posisi kuadran I, dimana kuadran tersebut merupakan situasi yang menguntungkan. CC-Mart Sotabar-Pasean memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimilikinya. Sehingga dari strategi tersebut CC-Mart Sotabar-Pasean dapat mampu bertahan dan bersaing dari pesaingnya.
Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Minat Beli Konsumen