Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Social Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019-2020)
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Di era perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat, e-commerce telah menjadi bagian dari dinamika bisnis, perbedaan antara e-commerce dan social commerce terletak pada tujuan bisnis, hubungan antar konsumen, dan sistem interaksi. Pada masa sekarang ini sudah banyak social commerce yang digunakan masyarakat di Indonesia, salah satunya yakni TikTok Shop. TikTok dan TikTok Shop tergabung dalam satu aplikasi, yang dimana TikTok Shop merupakan platform bisnis yang diterbitkan oleh TikTok untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin membeli atau pun menjual suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth, harga, dan kemudahan penggunaan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada social commerce TikTok Shop. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019-2020 yang pernah membeli di TikTok Shop. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan electronic word of mouth, harga, dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Harga, Kemudahan Penggunaan, keputusan pembelian.