Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12 dan Tagline Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Barang di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unisma angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim terhadap keputusan pembelian barang di marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEB Universitas Islam Malang angkatan 2019. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability dengan jenis teknik purposive sampling, pada penelitian ini sampel berjumlah 80 responden melalui google form sesuai dengan rumus yang digunakan yaitu rumus Malhotra. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan analisis SPSS 25.0 bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing, flash sale 12.12, dan tagline gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian barang. Dalam penelitian ini menghasilkan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, flash sale 12.12 berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, tagline gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Dan untuk pengaruh viral marketing, flash sale12.12, dan tagline gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian barang di marketplace shopee studi kasus mahasiswa FEB Universitas Islam Malang sebesar 61,5% dan sisanya 38,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam penelitian.
Kata kunci : Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim