Strategi Pemasaran Pos Ketan Legenda 1967 Sudimoro dalam Mempertahankan Bisnis Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT
Abstract
Pos Ketan Legenda 1967 Sudimoro adalah cabang dari Pos Ketan Legenda yang berpusat di Kota Wisata Batu, Jawa Timur yang menyajikan makanan yang khas. Makanan utama yang mereka jual yaitu ketan yang ditaburi misis, keju, bubuk kedelai, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang mereka lakukan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 untk mempertahankan bisnis keluarga yang sudah mereka jalani sejak tahun 1967. Karena saat ini hampir semua lini bisnis mengalami kerugian akibat pandemi Covid-19.
Dengan menggunakan sampel Pos Ketan Legenda 1967 Sudimoro dan periode penelitian pada tahun 2021-2022, hasil| |penelitian menunjukkan| |bahwa ada |strategi yang| bisa dilakukan| |oleh pihak Pos Ketan Legenda 1967 Sudimoro dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalisir kelemahan serta ancaman yang ada. Dalam penelitian ini juga mengindikasikan bahwa bisnis keluarga yang sudah berdiri sejak tahun 1967 seperti Pos Ketan Legenda 1967 tentunya juga memiliki kelemahan dan akan terus menghadapi ancaman di sekitar mereka. Belum juga saat ini mereka juga menghadapi masa pandemi Covid-19 agar tetap bisa mempertahankan eksistensi bisnisnya seperti bisnis-bisnis yang lain.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Pos Ketan Legenda, Analisis SWOT