Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Price Discount dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli di Tiktok Shop ( Studi Kasus Mahasiswa Unisma Angkatan 2019)
Abstract
Tersedia berbagai macam platform marketplace yang ada di Indonesia, Tiktok merupakan salah satu platform yang memiliki minat beli yang paling banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Minat beli merupakan keinginan untuk membeli dan memiliki suatu barang setelah menerima stimulus dari barang yang dilihat. Beberapa hal yang mempemgaruhi minat beli pada Tiktok shop merupakan online costumer review, online costumer rating, price discount dan e-service quality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif noneksperimen, pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif Unisma angkatan tahun 2019 dan pernah berbelanja lebih dari dua kali pada platform media sosial Tiktok. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel minat beli (variabel dependen), sedangkan variabel independen yaitu online costumer review, online costumer rating, price discount dan e-service quality. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel online costumer review, online costumer rating, price discount dan e-service quality berpengaruh terhadap minat beli secara simultan maupun parsial.
Kata kunci : online costumer review, online costumer rating, price discount, e-service quality, dan minat beli.