Pengaruh Brand Ambassador dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa Universitas Islam Malang Angkatan 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan kemudahan terhadap keputusan pembelian. Variabel bebas yang digunakan adalah brand ambassador dan kemudahan, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Islam Malang angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Probability Sampling, dan penentuan sampel menggunakan snowball sampling, Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F dan uji t, uji determinasi menggunakan bantuan perangkat lunak komputer SPSS 22.0 pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangakan variabel kemudahan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador dan kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Kemudahan Dan Keputusan Pembelian