Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, Electronic Word of Mouth, dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif pada Social Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop di Kota Malang)
Abstract
Pembelian Impulsif merupakan suatu perilaku pembelian konsumen yang tidak merencanakan pembelian suatu produk sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya hidup berbelanja, electronic word of mouth, dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada social commerce Tiktok Shop. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Kota Malang, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, serta sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow yang berjumlah 96 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Metode analisis data yang digunakan yakni uji intrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan gaya hidup berbelanja, electronic word of mouth, dan flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada social commerce Tiktok Shop. Gaya hidup berbelanja dan flash sale secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada social commerce Tiktok Shop, sedangkan electronic word of mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap pembelian impulsif pada social commerce Tiktok Shop. Pengaruh gaya hidup berbelanja, electronic word of mouth, dan flash sale terhadap pembelian impulsif menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 36,6%.
Kata Kunci : Gaya Hidup Berbelanja, Electronic Word of Mouth, Flash Sale, dan Pembelian Impulsif.