Pengaruh Online Customer Rating, Diskon, dan Review Service Menu Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood (Studi Kasus Mahasiswa FEB Manajemen Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara online customer rating, diskon, dan review service menu terhadap keputusan pembelian shopeefood. Penelitian ini menggunakan studi pada mahasiswa feb manajemen angkatan 2019 dimana data yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner melalui g-form kepada mahasiswa feb manajemen angkatan 2019 yang di pilih secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Malhotra dan hasil yang didapatkan sebanyak 60 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji instrument (Uji validitas, Uji Reliabilitas), Uji normalitas, Uji asumsi klasik (Uji multikolinearitas, Uji heteroskedastisitas), Analisis regresi linier berganda, Pengujian hipotesis (Uji F dan Uji t), Uji Koefisien determinasi (Adjusted R2) pengolahan datanya menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer rating, diskon, dan review service menu berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Online customer rating secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, diskon secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, review service menu secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : online customer rating, diskon, dan review service menu, keputusan pembelian.