Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kebutuhan Rumah Tangga di Sardo Swalayan pada Mahasiswa di Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kelengkapan produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian ulang kebutuhan rumah tangga di sardo swalayan. Penelitian ini menggunakan studi pada mahasiswa kota malang dimana data yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner melalui g-form kepada mahasiswa kota malang yang di pilih secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Malhotra dan hasil yang didapatkan sebanyak 85 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji instrument (Uji validitas, Uji Reliabilitas), Uji normalitas, Uji asumsi klasik (Uji multikolinearitas, Uji heteroskedastitas), Analisis regresi linier berganda, Pengujian hipotesis (Uji F dan Uji t), Uji Koefisien determinasi (Adjusted R2) pengolahan datanya menggunakan program IBM SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian ulang, kelengkapan produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian ulang, harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian ulang.
Kata kunci : kelengkapan produk, kualitas pelayanan, harga, keputusan pembelian ulang.