Pengaruh Pergaulan, Trend Fashion dan Financial Literacy Terhadap Gaya Hidup Konsumtif (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pergaulan, trend fashion, dan financial literacy berpengaruh terhadap gaya hidup konsumtif. Metode penelitian ini yang mengggunakan metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpilan data dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA Angkatan 2019. Hasil penelitian ini menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pengaruh pergaulan berpengaruh positif terhadap gaya hidup konsumtif. trend fashion berpengaruh positif terhadap gaya hidup konsumtif. financial literacy berpengaruh positif terhadap gaya hidup konsumtif. Nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya variabel pengaruh pergaulan, trend fashion, dan financial literacy berpengaruh secara simultan terhadap gaya hidup konsumtif.
Kata Kunci: Pengaruh Pergaulan, Trend Fashion, Financial Literacy, Gaya Hidup Konsumtif.