Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tiktok ( Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2019-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara social media marketing, influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian pada aplikasi TikTok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah dalam penelitian ini merupakan hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang telah melakukan transaksi di aplikasi TikTok yang berjumlah 95 responden. Metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling dan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan responden adalah snowball sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t (parsial) social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t sebesar 2,027, influencer marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t sebesar 1,601, dan brand image keterlibatan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t sebesar 2,916 sedangkan hasil uji F menunjukkan F hitung sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya social media marketing, influencer marketing dan brand image secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian pada aplikasi TikTok. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa Adjusted R Square sebesar 37% dan sisanya 63% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Influencer Marketing, Brand Image dan Keputusan Pembelian