Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Toko Fashion Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara shopping lifestyle, discount, dan fashion involvement terhadap impulse buying pada Pelanggan Toko Fashion Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah dalam penelitian ini merupakan hasil dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan yang telah mengunjungi dan melakukan pembelian pada toko Fashion Malang yang berjumlah 110 responden. Metode pengambilan sample adalah non probability sampling dan teknik yang digunakan dalam pengambilan responden adalah snowball sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) pada shopping lifestyle berpengaruh terhadap impulse buying ditunjukkan dengan nilai t sebesar 4,801, discount berpengaruh terhadap impulse buying ditunjukkan dengan nilai t sebesar 2,567, dan fashion involvement berpengaruh terhadap impulse buying ditunjukkan dengan nilai t sebesar 2,761 sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 0,000 kurang dari 0,05. Artinya shopping lifestyle, discount dan fashion involvement secara simultan mempengaruhi impulse buying pada toko FashionMalang. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan Adjusted R Square sebesar 69% dan sisanya 31% dapat dijelaskan variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, dan Impulse Buying.