Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh content marketing, infuencer dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna media sosial tiktok (studi kasus mahasiswa feb unisma angkatan 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019 baik dari program studi Manajemen sebanyak 598 mahasiswa, Akuntansi sebanyak 213 mahasiswa, dan Perbankan Syariah sebanyak 93 mahasiswa dengan jumlah keseluruhan sebanyak 904 orang. Kemudian dari jumlah tersebut diambil sampel sebanyak 90 orang dengan menggunakan rumus malhotra. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel keputusan pembelian (variabel dependen), sedangkan variabel independen yaitu content marketing, infuencer dan online customer review.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variable content marketing, infuencer dan online customer review terhadap keputusan pembelian dan secara simultan menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel content marketing, infuencer dan online customer review terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: keputusan pembelian, content marketing, infuencer dan online customer review.