Dampak Tipe Kepribadian, IPK dan Jenis Kelamin pada Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Berbasis Online yang Dimoderasi Oleh Kecemasan Berteknologi (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma dan UIN)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian, IPK dan jenis kelamin terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi berbasis online yang dimoderasi oleh kecemasan berteknologi. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research, metode analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Regresi Moderasi, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, dan Uji HIpotesis. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Malang dan Universitas Islam Negeri Malang jurusan Akuntansi, sampel yang digunakan adalah 268 responden. Hasil penelitiam menunjukkan bahwa tipe kepribadian, IPK, dan jenis kelamin berpengaruh secara simultan terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi berbasis online. Tipe Kepribadian dan jenis kelamin memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkah kepercayaan 5% terhadap keefektifitan pembelajaran akuntansi berbasis online karena memiliki thitung > ttabel dengan signifikansi terhadap keefektifan pembelajaran akuntansi berbasis online karena memiliki thitung < ttabel dengan signifikansi > 0.05.
Kata Kunci : Tipe Kepribadian, IPK, Jenis Kelamin, Kecemasan Teknologi