Show simple item record

dc.contributor.authorAn Hasani, Ade Zaharil
dc.date.accessioned2023-06-22T04:14:16Z
dc.date.available2023-06-22T04:14:16Z
dc.date.issued2023-04-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7460
dc.description.abstractPelayanan publik adalah Suatu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (publik) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) merupakan salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Berdasarkan identifikasi permasalahan yang diperoleh peneliti yaitu, Dependensi System, diantaranya ruang tunggu minim, perangkat komputer lemah, prosedur yang berbelit-belit, calo dan diskriminasi, integritas pegawai birokrat tidak berorientasi pada pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui inovasi dibuatkannya aplikasi POEDAk (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. (2) Untuk mengetahui proses inovasi pelayanan publik dari adanya aplikasi POEDAk (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini penulis mengambil teori mengenai inovasi pelayanan publik menurut Rogers yang menjelaskan sebagai sebuah ide atau praktik yang dianggap baru oleh individu atau sebuah organisasi yang menjalankan sebuah trobosan yang baru, terlepas dari apakah sebuah ide “obyektif” atau tidak, yang baru diukur dengan selang waktu sejak pertama kali digunakan atau ditemukan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik di Dispendukcapil sudah diterapkan elemen Knowladge, persuasion, Desicion, Implementation, Confirmation. Namun masih ada beberapa indikator di dalamnya yang belum berjalan, antara lain masyarakat yang masih belum melek mengenai inovasi melalui Aplikasi Poedak, sehingga hal ini menjadi masukan bagi petugas pelayanan untuk lebih mengevaluasi terus mengenai perkembangan layanan online yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Gresik. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectInovasi Pelayanan Publiken_US
dc.subjectAplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan)en_US
dc.titleInovasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Studi Kasus Penerapan Aplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) dalam Pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga))en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record