Inovasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Studi Kasus Penerapan Aplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) dalam Pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga))
Abstract
Pelayanan publik adalah Suatu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (publik) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) merupakan salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Berdasarkan identifikasi permasalahan yang diperoleh peneliti yaitu, Dependensi System, diantaranya ruang tunggu minim, perangkat komputer lemah, prosedur yang berbelit-belit, calo dan diskriminasi, integritas pegawai birokrat tidak berorientasi pada pelayanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui inovasi dibuatkannya aplikasi POEDAk (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. (2) Untuk mengetahui proses inovasi pelayanan publik dari adanya aplikasi POEDAk (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik.
Dalam penelitian ini penulis mengambil teori mengenai inovasi pelayanan publik menurut Rogers yang menjelaskan sebagai sebuah ide atau praktik yang dianggap baru oleh individu atau sebuah organisasi yang menjalankan sebuah trobosan yang baru, terlepas dari apakah sebuah ide “obyektif” atau tidak, yang baru diukur dengan selang waktu sejak pertama kali digunakan atau ditemukan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik di Dispendukcapil sudah diterapkan elemen Knowladge, persuasion, Desicion, Implementation, Confirmation. Namun masih ada beberapa indikator di dalamnya yang belum berjalan, antara lain masyarakat yang masih belum melek mengenai inovasi melalui Aplikasi Poedak, sehingga hal ini menjadi masukan bagi petugas pelayanan untuk lebih mengevaluasi terus mengenai perkembangan layanan online yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Gresik.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan)
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Evektivitas Mal Pelayanan Publik dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro)
Prasetyo, David Eko (Universitas Islam Malang, 2022-08-16)Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pemerintah selalu berupaya dalam mewujudkan terobosan baru dalam menunjang pelaksanaan pelayanan yang maksimal. Hadirnya Mal Pelayanan Publik dinilai sebagai suatu inovasi baru ... -
Evaluasi Kebijakan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Malang (Studi pada Pelayanan SAMLING SAMSAT Malang Kota)
Sofianti, Rika (Universitas Islam Malang, 2021-07-28)Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan keputusan menteri negara pendaya gunaan aparatur Negara No.PER/20/M.PAN/04/2006 tentang pedoman umum penyelenggara pelayanan publik. Untuk mewujudkan pelayanan ... -
Pengaruh Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Pembayaran Pajak Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Praya Lombok Tengah
Prilia, Sara (Universitas Islam Malang, 2021-10-09)Penelitian Ini dilatar belakangi oleh jumlah wajib pajak di Lombok Tengah mengalami peningkatan dan penurunan yang tidak menentu setiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran membayar pajak dan tingkat ...