Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank BTPN Syariah Gondanglegi, Kab. Malang)
Abstract
Bank Syariah merupakan salah satu Bank syariah yang memberikan layanan modal usaha. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bank Syariah, Bank Syariah hadir di tengah-tengah masyarakat yang berada di pedesaan yang menawarkan pinjaman modal usaha dan memberikan dampingan usaha . Adapun produk yang ditawarkan yaitu pembiayaan, pendanaa dan tabungan. Dengan begitu Bank Syariah memudahkan masyarakat untuk meminjam pembiayaan untuk modal usahanya dan Bank Syariah memiliki sistem angsuran dengan jangka waktu 2 minggu sekali untuk mengangsur. Bukan hanya itu, Bank Syariah juga menawarkan simpan dana atau tabungan yang bisa masyarakat gunakan untuk keperluan masa depan agar sejahtera dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah produk pembiayaan, tabungan dan angsuran berpengaruh terhadap kesejahteraan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik purposive sampling menggunakan rumus slovin sehingga jumlah responden yang diperoleh 95 responden yang memiliki karakteristik khusus. Teknik regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan. Pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner (angket). Hasil riset ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembiayaan, tabungan dan angsuran baik secara parsial dan simultan terhadap kesejahteraan nasabah.
Kata Kunci: Pembiayaan, Tabungan, Angsuran dan Kesejahteraan Nasabah