Pengaruh Online Customer Rating, Online Customer Review Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahu Pengaruh Online Customer
Rating, Online Customer Review Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Deskriptif. Populasi yang
digunakan adalah Konsumen Shopee Mahasiwa Prodi Administrasi Bisnis
Angkatan 2019 Universitas Islam Malang dan sampelnya sebanyak 79 responden
dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria yang telah
ditetapkan oleh peneliti. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis
regeresi linier berganda dengan program SPSS Statistc V.25.
Hasil penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Online
Customer Rating berpengaruh parsial dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Marketplace Shopee yang menunjukkan nilai t hitung 2,585 > t tabel
1,665 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. (2) Online Customer Review berpengaruh
parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
yang menunjukkan nilai t hitung 3,477 > t tabel 1,665 dengan nilai signifikan 0,001
< 0,05. (3) Trust berpengaruh parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
marketplace Shopee yang menunjukkan nilai t hitung 3,457 > t tabel 1,665 dengan
nilai signifikan 0,001 < 0,05. (4) Secara simultan, online customer rating , online
customer review dan trust berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian marketplace
Shopee, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari
0,05, dan F hitung sebesar16,047 > F tabel 2,72.