Pengaruh Product Quality, Price Dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Unisma Angkatan 2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
secara simultan variabel kualitas produk, harga dan e-promosi terhadap keputusan
pembelian mahasiswa FEB UNISMA 2018 di Tokopedia. Lokasi penelitian ini
dilakukan pada mahasiswa FEB UNISMA angkatan 2018. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus
dimana data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa FEB
UNISMA 2018 yang dipilih secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel
menggunakan rumus Maholtra dan diperoleh hasil sebanyak 80 responden. Data
dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas produk,
harga dan e-promosi secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian serta mempengaruhi keputusan pembelian di Tokopedia.
Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk,
harga dan e-promosi secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian di Tokopedia. Hasil uji determinasi menunjukkan persentase
sebesar 60,3% dimana keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh kualitas
produk, harga dan e-promosi. Sebaiknya manajemen lebih memperhatikan sikap
dan perilaku konsumen dalam tahap pembelian, salah satunya dengan
menyediakan produk yang berkualitas baik sehingga konsumen lebih mudah
untuk membeli di Tokopedia dengan lebih tepat dan cepat.