Analisis Strategi Badan Usaha Milik Desa Wijaya Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Di Desa Warurejo
Abstract
Tujuan penelitian ingin mengetahui strategis bersaing bisnis guna
mempertahankan eksistensi usaha dalam menghadapi maraknya perusahaan yang ada di
sekitar BUMDesa Wijaya.Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara
mendalam kepada informasi dalam penelitian ini. Data sekunder diperoleh melalui studi
pustaka, jurnal penelitian, gambaran umum BUMDesa Wijaya Desa Warurejo. Metode
peneltian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode analisis
yang digunakan adalah Analisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan Matriks SWOT.
Hasil dari matriks IFE dan EFE menujukkan posisi kuadran BUMDesa berada
pada Kuadran I. Posisi ini menujukkan bahwa profitabilitas sangat tinggi BUMDesa
memiliki peluang dan kekuatan untuk memenfaatkan peluang asosiasi yang ada.
Strategi yang direkomendasikan adalah SDM harus di terapkan lebih bagus lagi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, analisis SWOT dan pengembangan strategi yang
diterapkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat Desa Warurejo.