Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Frisian Flag pada Usaha Coffee Shop di Kota Malang
Abstract
Susu Ultra High Temperature (UHT) merupakan salah satu bahan baku utama pada usaha coffe shop sehingga konsumen dari produk susu UHT ini salah satunya adalah produsen coffee shop di Malang. Hal tersebut menarik perhatian dilakukan penelitian hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di kota Malang
Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret 2023 sampai dengan bulan Mei 2023. Peralatan yang digunakan dalam materi penelitian ini adalah ATK dan kuisioner. Bahan yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah kuisioner pada seluruh pengolah usaha coffee shop di kota Malang yeng menggunakan susu UHT Frisian Flag sebagai bahan baku. Metode penelitian ini menggunakan survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 100 orang dengan pendekatan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel penelitian terdiri atas variabel independen (X1=Product, X2=Price, X3=Place, X4=Promotion) dan variabel dependen (Y= keputusan pembelian). Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada hubungan positif bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di Kota Malang. Persamaan regeresi Y = 1,820 + 0,660X1 - 0, 214 X2 + 0,286 X3 + 0,165 X4. Nilai koefisian kolerasi 0,679 tergolong kuat. Nilai determinasi diperoleh 0,438 atau sebesar 43,8% yang artinya bahwa persentase sumbangan dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 43,8% dan 56,2% lainnya tidak berhubungan dengan variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini, seperti variabel Brand Image dan lain sebagainya.
Disimpulkan bahwa terdapat hubungan kuat antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffee shop di Kota Malang kecuali pada variable Price. Nilai determinasi diperoleh 0,438 atau sebesar 43,8% yang artinya bahwa persentase sumbangan dari bauran pemasaran terhadap Keputusan Pembelian sebesar 43,8% dan 56,2% lainnya berhubungan dengan faktor lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Saran perlu adanya penelitian lanjutan dengan variabel 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phyical Evidence) terhadap keputusan pembelian susu UHT Frisian Flag pada usaha coffe shop di kota Malang.
Kata Kunci : Hubungan, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Susu UHT Frisian Flag, Usaha Coffee Shop, Kota Malang