Show simple item record

dc.contributor.authorMuchlisin, Dhouul
dc.date.accessioned2023-09-14T03:03:44Z
dc.date.available2023-09-14T03:03:44Z
dc.date.issued2023-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8111
dc.description.abstractDi era globalisasi dan digitalisasi yang sangat terbuka bahkan lebih condong kearah kehidupan hedonisme ini, nilai-nilai karakter pada pertumbuhan remaja semakin terabaikan. Padahal mereka sangat membutuhkan nilai-nilai tersebut untuk menghadapi masalah-masalah yang akan datang yang tidak bisa dipecahkan hanya dengan mengandalkan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Nilai-nilai aqidah Aswaja, tradisi keagamaan, karakter ke-NU-an harus tetap dijaga dan dilestraikan. Oleh karena itu, di Pondok Pesantren Kramat mengajarkan kitab Syamsu Al-lamiah sebagai salah satu upaya menjaga dan melestarikan nilai nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang tradisi-tradisi Islam Aswaja An-Nahdliyah, pelaksanaan pembelajaran, hingga hambatan, kelebihan, dan kekurangan dalam proses pembelajaran Kitab Syamsu Al-Lamiah Untuk Meningkatkan Karakter Ke Nu-an Santri Pondok Pesantren Kramat Kraton Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, peneliti menggambarkan fokus dalam bentuk deskriptif, tanpa menggunakan rumus statistik atau angka-angka. Sumber data primer dan sekunder diambil dari manusia dan non manusia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan proses Data Collection Periode, Data Condensation, Data Display, Conclution drawing/verivication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kitab Syamsu Al-lamiah di tulis oleh KH.As’ad Jalalah Abdul Karim sebagai benteng Aqidah ASWAJA serta menjawab berbagai persoalan dalil agama mengenai tradisi-tradisi Islam Ahlusunnah Wal Jamaah. Dari 25 pembahasan yang tercantum dalam kitab tersebut setidaknya terdapat 8 pembahasan khusus mengenai masalah tradisi tradisi Islam Ahlusunnah Wal Jamaah diantaranya Tawassul, ziarah kubur, Baca Al-Qur’an, Dzikir, Berdoa dan Bershodaqoh untuk Mayyit, Talqin Mayyit, Haul dan Tahlilan, Mencium Tangan Orang Sholeh, Maulid Nabi Muhammad SAW, Berdzikir menggunakan Tasbih. 2) Proses pembelajaran tradisi-tradisi Islam Ahlusunnah Wal Jamaah dalam kitab Syamsu Al-lamiah mencakup tiga tahapan mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah kolaborasi dari beberapa metodelogi pembelajaran kitab kuning yaitu metode ceramah, metode klasikal, metode diskusi dan metode tanya jawab. 3) Terdapat hambatan, kelebihan, dan kekurangan dalam proses pembelajaran kitab Syamsu Al-lamiah Untuk Meningkatkan Karakter Ke Nu-an Santri Pondok Pesantren Kramat Kraton Pasuruan. Saran dari penulis dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: 1) Bagi Pondok Pesantren Kramat diharapkan untuk terus konsisten melaksanakan pembelajaran Tradisi-Tradisi Islam Aswaja An-Nahdliyah, merapikan cetakan kitab Syamsu Al-Lamiah serta menyebarluaskan ke khalayak umum supaya bisa dipelajari dan dipahami oleh masyarakat luas. 2) Bagi lembaga serupa atau Pondok Pesantren diharapkan untuk menerapkan pembelajaran Aswaja baik dari segi Aqidah, Karakter maupun Tradisi keagamaan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap ajaran Ahlusunnah Wal Jamaah. 3) Bagi guru diharapkan agar lebih aktif dan lebih inovatif baik proses ataupun metode pembelajaran Tradisi-Tradisi Islam Aswaja An-Nahdliyah Dalam Kitab Syamsu Al-Lamiah Untuk Meningkatkan Karakter Ke-Nu-an Santri Pondok Pesantren Kramat Kraton Pasuruan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTradisi-Tradisi Islamen_US
dc.subjectTradisi-Tradisi Islamen_US
dc.titlePembelajaran Tradisi-Tradisi Islam Aswaja An Nahdliyah Dalam Kitab Syamsu Al-Lamiah Untuk Meningkatkan Karakter Ke-Nu-An Santri Pondok Pesantren Kramat Kraton Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record