Pengaruh E-Trust, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Abstract
Masyarakat di Indonesia belum sepenuhnya merasa aman atau nyaman karena tingginya kasus penipuan transaksi online. Adanya ketidaksesuaian online customer review dan online customer rating serta ketidakmampuan pembeli untuk kontak langsung dengan penjual sehingga barang yang hendak dibeli hanya bisa dilihat dengan deskripsi produk dan gambar mengurangi e-trust dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-trust, online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Non probability sampling digunakan dengan teknik purposive sampling sebagai pengambilan sampel sebanyak 105 responden. Pengujian yang dilakukan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis linear berganda dan uji hipotesis dengan pengaplikasian software SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) e-trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia, (2) online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia, (3) online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia.
Kata Kunci: E-trust, Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian