Pengaruh Literasi Digital, Kesadaran Berzakat, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Lemeshow dan melibatkan 96 responden. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh Literasi Digital (X1), Kesadaran Berzakat (X2), dan Kualitas Layanan (X3) terhadap Keputusan Muzakki Membayar zakat Melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan software SPSS untuk uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda,uji F, uji koefisien determinasi (R2) dan uji parsial. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Literasi Digital (X1), Kesadaran Berzakat (X2), dan Kualitas Layanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia. Secara parsial variabel Literasi Digital (X1) dan Kualitas Layanan (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Namun, Kesadaran Berzakat (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Dalam penelitian ini menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) dimana pengembangan dari TRA (Theory Reasoned Action) digunakan untuk melihat pengaruh kemudahan penggunaan dan manfaat yang diterima setiap individu yang terdapat pada variabel Literasi Digital (X1) dan Kualitas Layanan (X3).
Kata Kunci: Literasi Digital, Kesadaran Berzakat, Keputusan Membayar Zakat, Keputusan Membayar Zakat.