View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Maningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Si Apel (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.814Mb)
Fulltext (2.795Mb)
Date
2023-07-07
Author
Uar, Ahmad Munawir
Metadata
Show full item record
Abstract
Layanan digital publik sangat penting di era revolusi industri keempat. Prinsip efektif dan efisien lahir dari gagasan pelayanan publik digital. Si-Apel yang merupakan singkatan dari “sistem informasi aplikasi layanan elektronik” merupakan media layanan yang digunakan dalam pengembangan e-government di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Pendekatan kualitatif ini diterapkan sebagai teknik penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari subjek yang diteliti, baik berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Temuan penelitian menunjukkan 1. Formulir pelayanan administrasi menggunakan aplikasi siap pakai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Layanan aplikasi sudah siap di Kantor Catatan Sipil Kota Malang. Bentuk layanan tersebut digambarkan sebagai sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), disebut juga dengan e-government, dan standar operasional prosedur pelayanan administrasi dengan menggunakan aplikasi SIAPEL. 2. Kendala-kendala yang dialami selama penerapan aplikasi SIAPEL di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, termasuk faktor internal yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi melalui aplikasi SIAPEL. Faktor eksternal adalah tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan administrasi dengan menggunakan aplikasi SIAPEL di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota yang kurang baik karena kurangnya sumber daya manusia aparatur sipil negara dalam mengoperasikan sistem jaringan yang mampu mengatasi masalah jika aplikasi tersebut gagal menginput data. Dari perspektif tersebut dapat dilihat dari analisis berdasarkan temuan wawancara yang dilakukan bahwa tingkat ketepatan petugas dalam memberikan pelayanan masih kurang baik, karena petugas pelayanan sering melakukan kesalahan dalam mengkomunikasikan prosedur dan persyaratan. Kata Kunci:.Kualitas Pelayanan Publik,.Siapel, e-government
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8249
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group