Pengaruh Promosi, Religiusitas dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia ( Studi Kasus Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2018 )
Abstract
Bank Syariah Indonesia merupakan perusahaan perbankan terbesar di Indonesia. Kehadiran BSI seharusnya bisa membawa inklusi keuangan syariah ke level selanjutnya. Namun sebagian dari mereka justru melihat kenyamanan layanan dan transformasi digital dan dapat memberikan layanan yang lebih baik lebih cepat dan lebih mudah digunakan serta literasi keuangan syariah di kalangan masyarakat Indonesia yang mencapai 8,93%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Promosi, Religiusitas, dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui data primer dengan kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 91 orang mahasiswa Universitas Islam Malang. Sedangkan teknik analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukan bahwa Promosi, Religiusitas, dan Kemudahan memiliki pengaruh baik parsial maupun simultan terhadap minat menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia, dengan pengaruh koefisien determinansi sebesar 55,2%. Sisanya sebesar 100% - 55,2% = 44,8% Minat menggunakan layanan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, misalnya: kualitas pelayanan, brand awareness, dan lain-lain.
Kata Kunci : Minat, Layanan Perbankan, Promosi, Religiusitas, dan Kemudahan.