Pengaruh Brand Image, Halal Awareness, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumen Muslim dalam Memilih Produk Kecantikan di Marketplace Tokopedia
Abstract
Para remaja pada generasi ini merupakan mayoritas konsumen marketplace online seperti Tokopedia, hal ini marak dan digemari karena dinilai memiliki keuntungan lebih ketimbang berbelanja langsung di toko, lebih efisien waktu dan tenaga dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, halal awareness, kemudahan dan kepercayaan terhadap perilaku konsumen muslim. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel penelitian ini adalah pengguna marketplace tokopedia sebanyak 90 responden.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melibatkan beberapa tahap penelitian, yang mencakup penyebaran kuesioner, pengumpulan data, dan analisis data. Kuesioner kemudian diuji menggunakan berbagai metode seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji determinasi (R2), dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Namun, variabel halal awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Variabel kemudahan juga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Namun, variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan.
Kata Kunci: Brand Image, Halal Awareness, Kemudahan, Kepercayaan.