Pengaruh Hedonic Shopping Value, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behavior dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pengunjung Mall Olympic Garden Malang)
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle terhadap impulse buying behavior dengan positive emotion sebagai variabel intervening pada pengunjung Mall Olympic Garden Malang. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling, dan jenis sampling yang diambil adalah Convenience sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui barcode dan diukur menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 15 indikator. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis menggunakan software Smartpls yang didasarkan pada 4 variabel laten dan dibentuk dengan indikator reflektif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion. (2) shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion. (3) Positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior. (4) hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior. (5) Shopping lifestyle berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap positive emotion. (6) hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior melalui positive emotion sebagai variabel intervening. (7) shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior dengan positive emotion sebagai variabel intervening.
Kata Kunci : hedonic shopping value, shopping lifestyle, impulse buying behavior, dan positive emotion.