Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Mixue (Studi pada Mahasiswa Manajemen 2019 Universitas Islam Malang)
Abstract
Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan pesat, yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka dan kritis terhadap perubahan yang ada baik politik, budaya, sosial, maupun ekonominya. Agar tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan kualitas produk barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas. Dengan demikian, setiap perusahaan harus mampu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Dengan hadirnya ice cream Mixue hadir di Indonesia pertama kali di tahun 2020 akhir-akhir ini ramai diperbincangkan dan juga mempunyai target pemasaran pada kelas menengah maka siapa saja bisa menikmatinya baik itu anak-anak maupun orang dewasa serta dapat dijumpai dengan mudah. Melihat demikian tentunya para konsumen memiliki keputusan tersendiri terhadap produk ice cream Mixue ini dan memberikan pengaruh yang signifikan bagi kelanjutan produk ice cream Mixue tersebut. Berdasarkan fenomena yang terjadi yaitu semakin banyaknya konsumen yang tertarik untuk membeli produk es krim Mixue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian es krim mixue pada mahasiswa manajemen Universitas Islam Malang. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa manajemen aktif S1 Universitas Islam Malang yang mengkonsumsi es krim mixue. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 105 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.