View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo

Thumbnail
View/Open
ANALISIS PENGARUH SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI DI WARKOP KAYUMAS KECAMATAN ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO.pdf (3.399Mb)
S1_AGRIBISNIS_21801032128_ANDIKA KHAIRUL MUSTQIM.pdf (1.309Mb)
Date
2023-08-21
Author
Mustaqim, Andika Khairul
Metadata
Show full item record
Abstract
Didalam definisi keputusan pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternatif tindakan untuk menjatuhkan pilihan pada salah satu alternatif tertentu untuk melakukan proses pembelian (Swastha, 2000). Berdasarkan definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa keputusan pembelian merupakan keputusan pembelian barang atau jasa yang dipilih. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh fakta bahwa konsumen memahami kebutuhan akan produk yang dibeli. Sumber proses pengambilan keputusan konsumen dapat dilihat dari tiga hal berbeda tetapi berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tkonsumen dalam membeli produk dikedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Deskripsi kuantitatif digunakan dalam metode penelitian di mana semua variabel diukur dengan angka numerik. Lokasi penelitian dilakukan diWarkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo akan dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan bulan Januari 2023. Sampel penggunaan responden konsumen sampel acak dengan jumlah 75 responden dengan penjabaran Jumlah responden yang membeli produk kopi sebanyak 62 responden sedangkan 13 responden memilih membeli produk selain kopi. Analisis yang digunakan adalah keputusan pembelian kopi di Warkop Kayumas dengan dummy dan faktor-faktor pembelian konsumen di Warkop Kayumas dengan regresi model logit. Hasil penelitian variabel gaya hidup (X1) memiliki nilai siginifikansi sebesar 0,038 < 0,05 maka dapat diketahui bahwa gaya hidup (X1) berpengaruh secara signifikan. Variabel kepribadian (X2) nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel Kepribadian (X2) berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen dikedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Varibel kebutuhan (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,800 > 0,05 dapat diartikan bahwa variabel kebutuhan (X3) tidak berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi berpengaruh negatif terhadap peluang konsumen dalam keputusan konsumen membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel keluarga (X4) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel Peran Keluarga (X4) berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo sehingga peran keluarga (X4) berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi berpengaruh positif terhadap peluang konsumen dalam keputusan konsumen membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Variabel pendidikan (X5) dengan nilai signifikansi sebesar 0,035 < 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel Pendidikan (X5) berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo oleh karena itu pendidikan (X5) berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi berpengaruh positif terhadap peluang konsumen dalam keputusan konsumen membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel hakikat sosial (X6) dengan nilai signifikansi sebesar 0,687 > 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel hakikat sosial (X6) tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo sehingga variabel hakikat sosial (X6) tidak berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi berpengaruh negatif terhadap peluang konsumen dalam keputusan konsumen membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel pendapatan (X7) dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel pendapatan (X7) berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo sehingga pendapatan (X7) berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi berpengaruh positif terhadap peluang konsumen dalam keputusan konsumen membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel jenis pekerjaan (X8) dengan nilai signifikansi sebesar 0,872 > 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel jenis pekerjaan (X8) tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Dengan nilai Exponensial (B) = 1,088 dan b = 0,084 dapat diartikan bahwa peran jenis pekerjaan (X8) tidak berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel pengeluaran (X9) dengan nilai signifikansi sebesar 0,261 < 0,05. Dapat diketahui bahwa indikator variabel pengeluaran (X9) berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Variabel pengeluaran (X9) berperan dalam keputusan konsumen untuk membeli kopi di kedai kopi Warkop Kayumas Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Gaya hidup (X1), Kepribadian (X2), Kebutuhan (X3), peran keluarga (X4) pendidikan(X5), Hakikat sosial (X6), pendapatan (X7), jenis pekerjaaan (X8), pengeluaran (X9) sejalan dengan hipotesis awal yaitu mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan variabel Hakikat sosial (X6), jenis pekerjaaan (X8), pengeluaran (X9) tidak berpengaruh secara signifikan dan tidak sejalan dengan hipotesis awal. Saran dari penelitian ini yang pertama adalah diharapkan untuk pemilik Kedai Warkop Kayumas untuk tidak mematok harga jual yang lebih tinggi atau memberikan diskon bagi pelajar. Karena konsumen terbesar Warkop Kayumas adalah pelajar/mahasiswa. Kedua Perlu adanya perhatian khusus untuk jam operasional Kedai Warkop Kayumas mengingat konsumen terbesar warkop kayumas adalah pelajar/mahasiswa
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8598
Collections
  • UT - Agribusiness

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group