Pengaruh Harga, Promosi, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)
Abstract
Pada era digital sekarang teknologi sudah semakin maju dan berkembang. Kita dapat memakai ponsel buat segala sesuatu yang kita butuhkan dengan simpel, cepat serta instan. Misalnya seperti transaksi pembayaran, tunggangan ojek online, pemesanan kuliner, pencarian alamat, bahkan kita juga mampu belanja kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian online shop Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019 yang pernah membeli di Shopee. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga, promosi, dam kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan harga, promosi, dan kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Harga, Promosi, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Keputusan Pembelian.