Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mcdonald’s (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)
Abstract
Pada era globalisasi saat ini berkembang gaya hidup serba instan dan praktis yang mempengaruhi sebagian orang yang ada di dunia. Para pengusaha memperkenalkan usahanya seperti usaha di bidang makanan cepat saji atau fastfood. Makanan cepat saji atau fastfood adalah jenis makanan yang mudah dikemas, mudah disajikan, praktis, diolah dengan cara sederhana dan siap santap dengan waktu relatif cepat jenis makanan ini umumnya populer karena harganya yang relatif murah, rasanya yang enak, serta praktis mudah dibawa ke mana saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk mcdonald’s. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2019 yang pernah membeli produk mcdonald’s dan tidak diketahui jumlahnya. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan sugnifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian.