Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada HU COFFEE & HOTTEOK di Kota Malang)
Abstract
Peneliti ingin menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan HU COFFEE & Hotteok. Alasan dipilihnya café ini karena café ini mengalami kestabilan dalam penjualan padahal HU COFFEE & Hotteok tergolong UMKM yang tidak terlalu besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi lapangan, wawancara informan, dan juga dokumentasi. Jumlah informan penelitian sebanyak 4 orang yang terdiri dari pemilik café, karyawan café, serta 2 orang pengunjung yang dipilih secara acak.
Data dianalisis dengan cara mentranskripkan seluruh proses wawancara dengan informan, observasi dilakukan dengan cara mengamati kondisi HU COFFEE & Hotteok ketika peneliti mengunjungi café tersebut, sedangkan dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar ketika melakukan wawancara dengan informan. Lokasi pengambilan data berlokasi di HU COFFEE & Hotteok. Setelah melakukan transkrip, dilakukan reduksi data, penyajian data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Setelah penarikan kesimpulan dilakukan triangulasi data untuk memperkuat hasil penelitian.
Ditemukan hasil bahwa HU COFFEE & Hotteok telah menerapkan strategi marketing mix dengan cara mengunakan variable 4P yaitu produk, price, place, dan promotion yang mampu meningkatkan keuntungan dari penjualan produk HU COFFEE & Hotteok. Berdasarkan keempat variabel yang ditemukan, variabel yang paling mempengaruhi penjualan HU COFFEE & Hotteok yaitu price karena café ini memiliki harga yang relatif lebih terjangkau daripada café yang lain.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan, 4P