Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan
Abstract
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen UMKM di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan. Sampel dalam penelitian ini yakni konsumen yang melakukan transaksi pada UMKM di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan berjumlah 60 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Metode analisis data yang digunakan yakni uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen UMKM di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian