Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus dan Acer Pada Mahasiswa FEB (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian laptop merek asus dan acer. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 70 responden yang merupakan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Islam Malang yang menggunakan laptop asus dan acer. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji t dan koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop asus dan acer dan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop asus dan acer.
Kata kunci : Gaya hidup, Kelompok referensi, keputusan pembelian